5 Keunggulan Susu Soya atau Susu Pengganti bagi Anda yang Alergi Susu Sapi

5-Keunggulan-Susu-Soya-atau-Susu-Pengganti-bagi-Anda-yang-Alergi-Susu-Sapi

Susu soya bisa Anda jadikan susu alternatif apabila alergi terhadap susu sapi. Reaksi alergi ini bisa terjadi pada siapapun. Akan tetapi, yang rentan terkena reaksi alergi ini biasanya anak-anak. Situasi dan kondisi seperti itu memang membuat dilema para orang tua, karena kebingungan memenuhi kebutuhan kalsium si kecil. Anda sekarang tidak perlu khawatir lagi, karena ada susu pengganti yang memiliki keunggulan yang setara dengan susu sapi. 

Keunggulan Susu Soya 

Terdapat sebuah penelitian yang menunjukkan kalau wanita yang rajin minum susu kedelai setiap hari 56% lebih rendah terkena resiko osteoporosis dibandingkan wanita yang tidak mengkonsumsinya. 

Manfaat lainnya yang ada selain itu, yaitu susu soya membantu mengurangi gejala seperti sensasi rasa panas dan sering berkeringat di malam hari yang menjadi salah satu gejala menopause. Susu kedelai ini pun juga sudah diklaim oleh penelitian lain berguna bagi kesehatan jantung. 

Kalau dilihat dari segi kemanfaatan, susu kedelai ini tidak hanya untuk dikonsumsi anak-anak sebagai pengganti susu sapi atau susu formula. Ternyata susu ini berguna juga bagi masalah kewanitaan dan jantung, khususnya bagi mereka yang akan menginjak lanjut usia. Tapi, pada pembahasan kali ini akan diuraikan beberapa keunggulan susu soya untuk anak-anak sebagai pengganti susu sapi. Berikut keunggulannya. 

1. Bebas Protein Hewani 

Reaksi alergi si kecil saat minum susu sapi dikarenakan ketidakmampuan tubuh mencerna protein hewani. Hal ini yang membuat anak Anda muntah-muntah dan diare setiap saat minum susu sapi. Solusi yang bisa dihadirkan yakni dengan mengganti susu sapi menjadi susu kedelai. 

Kandungan protein nabati yang terdapat pada susu kedelai bisa menggantikan kebutuhan tubuh terhadap protein hewani. Jadi, meskipun tubuh tidak bisa mencerna protein hewani, ia masih bisa mencerna protein nabati. 

2. Baik untuk Melancarkan Pencernaan 

Susu yang berbahan dasar kedelai ini pastinya memiliki kandungan serat yang tinggi. Seperti yang kita tahu kalau serat itu bagus untuk pencernaan dan kesehatan tubuh. Jadi, meskipun sistem pencernaan anak Anda belum stabil, ia tidak akan kaget dan sulit menerimanya. Lebih dari itu, kalau anak Anda mengkonsumsi susu kedelai, kesehatan sistem pencernaan si kecil lebih terjaga. 

3. Banyak Mengandung Lemak Tak Jenuh 

Jika dibandingkan dengan susu sapi yang kaya akan protein hewani, kandungan lemak susu soya bisa dikatakan lebih sehat. Bisa dikatakan demikian karena susu kedelai didominasi kandungan lemak tak jenuh. Selain menyehatkan, lemak tak jenuh juga bisa membantu menurunkan kadar lemak jahat dan lemak jenuh yang terdapat pada tubuh anak Anda. 

4. Mengurangi Resiko Penyakit Jantung 

Kedelai memiliki kandungan asam lemak yang tinggi, seperti omega-3. Kandungan ini membantu mengurangi kadar lemak darah atau kolesterol total dan trigliserida. Dalam hal ini, susu kedelai membantu mengurangi resiko penyakit jantung koroner dan serangan jantung. 

5. Mengandung Vitamin B12 

Vitamin B12 pada umumnya terdapat pada telur dan produk susu. Namun, bagi mereka yang memiliki penyakit intoleransi laktosa dan vegetarian bisa mengganti kebutuhan vitamin B12 dengan mengkonsumsi susu kedelai. Vitamin B12 sendiri nantinya akan sangat bermanfaat membantu untuk produksi sel darah merah. Sehingga meminum susu kedelai sama dengan mencegah anemia pada tubuh Anda. 

Demikianlah keunggulan susu soya sebagai susu alternatif pengganti susu sapi. Jadi, bagi Anda yang alergi susu sapi tidak perlu khawatir lagi tubuh Anda kekurangan kalsium. Cara mudahnya yaitu dengan mengkonsumsi susu kedelai. 

5 Keunggulan Susu Soya atau Susu Pengganti bagi Anda yang Alergi Susu Sapi