Hal yang Perlu Dikuasi Sebelum Menjadi Web Developer

Hal-yang-Perlu-Dikuasi-Sebelum-Menjadi-Web-Developer

Web developer adalah salah satu fokus pekerjaan yang banyak dicari akhir-akhir ini, khususnya bagi seseorang yang menguasai teknologi. Sektor website ini juga memberikan gaji lumayan besar untuk Anda. Oleh karena itu, selain bisa dijadikan pekerjaan tetap, Anda juga bisa menjadikannya pekerjaan sampingan saat kuliah. Namun yang perlu digaris bawahi adalah web development merupakan bidang yang sangat luas. Jadi, penting untuk mengetahui terlebih dahulu dasar-dasarnya. 

Pahami ini Sebelum Menjadi Web Developer 

Misalnya dengan menemukan platform belajar online untuk media pendukung saat coding. Sebelum memulai belajar, ada beberapa langkah awal yang harus dikuasai, seperti menentukan fokus terlebih dahulu, mau ambil front-end development atau back-end development. Lalu apa perbedaannya? Berikut ulasannya : 

1. Back-end development 

Namanya saja sudah back, berarti fokus ini adalah semua hal yang berhubungan dengan database yang tidak terlihat secara kasat mata saat web dibuka, karena fungsi dari database adalah alat penyimpanan sehingga tidak bisa dilihat oleh siapapun kecuali Back-end developmentnya. 

Umumnya seseorang yang bekerja bagian ini dikenal sebagai problem sorver yang memakai pikiran logis dan lebih tertarik pada fungsi daripada tampilan fisik website. Bahasa pemrograman yang seringkali dipakai diantaranya : 

2. SQL (Structured Query Language) 

Website yang mengumpulkan berbagai informasi, seperti data pribadi user akan disimpan di dalam media penyimpanan database. Oleh karena itu, SQL digunakan untuk Create, Read, Update, Delete (CRUD). Bahasa ini hanya orang tertentu saja yang mengetahuinya dan tidak bisa diketahui oleh semua orang di instansi yang tidak memiliki hak akses. 

3. PHP (Hypertext Preprocessor) 

Bahasa pemrograman ini merupakan bahasa komunikasi yang dipelajari antara display website dan database. Melalui PHP, Anda bisa mengetahui apakah data yang diinputkan user valid atau tidak, melalui pemunculan alert atau warning. Jika data yang dimasukkan valid maka bisa lanjut ke akun, dashboard atau laman selanjutnya. Unik bukan jika sudah menjadi web developer? 

4. Front-end development 

Front berarti depan, jadi front-end memuat semua informasi yang akan ditampilkan secara fisik. Sehingga, pengunjung bisa mengakses, menginput informasi secara keseluruhan. Bagian ini terdiri dari desain wesite secara keseluruhan. Dalam hal ini programmer mengeksplorasi desain website melalui sourcode yang disusun di bagian back-end nya. 

Dalam hal desain yang langsung berhubungan dengan pelanggan, maka front-end developer dituntut kreatif dengan skill desain yang mumpuni agar web mampu berinteraksi dengan pengunjung situs. 

Seorang front-end developer harus menguasai beberapa hal, yakni : 

  • HTML (Hypertext Markup Language) & CSS (Cascading Style Sheets) 
HTML mewakili konten seperti teks paragraf, headline dan tabel. Oleh karena itu HTML adalah poin pertama yang harus dikuasai. Sedangkan CSS adalah bagian untuk mengotak-atik konten yang dibuat HTML. Maksudnya, CSS adalah desain dan tata letak dari tulisan yang dibuat di HTML. Jadi, kedua hal ini saling keterkaitan. 

  • Javascript 
Javascript berfungsi untuk membuat website menjadi lebih dinamis dan interaktif, sehingga website akan terlihat lebih hidup, sehingga mampu menghadirkan representasi visual bagi user untuk membantu developer mencatat apa yang diklik. Misalnya tombol like di Facebook, retweet Twitter dan lain sebagainya. 

Itulah materi-materi dasar yang harus dijadikan titik awal dalam belajar web developer agar lebih mudah untuk memahami code syntax dan aturan coding lainnya. Selama Anda tekun mempelajari ilmu dasarnya, maka bukan tidak mungkin Anda bisa menjadi developer yang hebat. 



Hal yang Perlu Dikuasi Sebelum Menjadi Web Developer