Hindari Hal Beriku Agar Cat Mobil Tak Kusam


Mobil dengan tampilan eksterior yang kinclong dan enak dipandang, jadi impian tidak sedikit pemilik kendaraan. Namun, walau kita telah merasa mengerjakan perawatan pada bodi mobil, butuh diwaspadai pun perilaku yang dapat buat cat cepat kusam, sampai-sampai tak lagi unik dilihat.

Bila beranggapan lebih jauh lagi, penampilan mobil yang tetap terjaga dapat juga menciptakan harga jualnya tak jatuh. Pasalnya sejumlah memandang, mempunyai kendaraan terutama roda empat, mobil adalahsebuah investasi.

Oke, ayo berlanjut membicarakan perilaku-perilaku yang dapat membuat cat mobil kusam. 

1. Tidak mempedulikan tubuh mobil dalam situasi yang kotor, entah tersebut karena debu atau sehabis terpapar air hujan.

"Seperti air hujan misalnya, cairannya tersebut mempunyai sifat asam, sebab pencampuran sejumlah zat laksana seperti karbon dioksida (CO2) dan nitrit (NO). Zat seperti tersebut yang seringkali menempel pada logam. Bukan melulu car memudar tetapi pun komponen besi di mobil akan berkarat. Jadi segera siram dengan air biasa,” kata Saiful Anwar, Wakil Kepala Bengkel Plaza ToyotaPemuda Rawamangun Jakarta Timur.

2. Melalaikan kotoran burung atau getah pohon, tetap menempel pada bodi mobil dan tak segera membersihkannya. 

Endapan kotoran burung, ternyata berisi asam yang tinggi dengan tingkat pH antara 3 dan 4,5, dengan kata lain cukup asam. Bahkan dalam hitungan tiga menit saja --apabila tidak dimurnikan dari atas cat mobil-- kotoran tersebut akan menggerogoti lapisan coating (pelindung) cat mobil.

3. Memakai cover mobil yang gampang luntur dan memakaikannya, pada ketika bodi mobil dan cover sendiri dalam situasi basah. Hal tersebut dapat membuat cat mobil lembab, seihngga bila tidak jarang akan menciptakan cepat kusam.

4. Kerap membasuh mobil pada siang hari, entah di bawah matahasil langsung atau tidak. Pasalnya pada jam-jam itu suhu lumayan panas, dan dapat buat buih air di atas mobil cepat mengering.

Jika tidak dipedulikan lama, dapat mengerak dan bisa merusak lapisan cat. Jadi usahakan mulai simaklah waktu-waktu membasuh mobil.

5. Tak menyimak kandungan pH (tingkat keasaman). Rekomendasinya, pilihlah cairan pencuci mobil dengan pH di bawah 12, atau idealnya di level 7.

Hindari Hal Beriku Agar Cat Mobil Tak Kusam