Kenapa susah untuk mencium bau badan sendiri?


Memang sangat gampang untuk menghirup bau badan orang lain. Ya, Anda melulu tinggal duduk di sebelahnya dan langsung dapat mencium baunya. Namun sayangnya, urusan ini tidak berlaku andai Anda mencoba menghirup bau badan sendiri. Kenapa dapat begitu, ya?

Kondisi ini dinamakan dengan olfactory fatigue, yaitu saat indera penciuman insan sudah terbiasa menghirup dan mengenali jenis bau tertentu. Saking seringnya, reseptor bau di hidung jadi lelah dan pada kesudahannya berhenti mendeteksi jenis bau tersebut. Ini berlaku pun saat Anda berjuang mencium bau badan sendiri.

Hal ini diungkapkan oleh Pamela Dalton, seorang psikolog dari Monell Chemical Senses Center di Philadelphia. Ia mengungkapkan bahwa saat Anda menghirup bau tertentu guna yang kesatu kali, reseptor bau di hidung akan mengantarkan sinyal ke benak dan menilai apakah bau ini tergolong bau wangi atau bau busuk.

Namun, saat Anda terus-terusan mencium wewangian yang sama masing-masing hari, benak Anda bakal terbiasa menerima sinyal yang mengenali bau tersebut. Pada ketika inilah, benak akan memandangnya sebagai suatu informasi yang tidak urgen lagi.

Contohnya begini, kita memasang pengharum ruangan otomatis dengan wangi lavender di kamar. Pengharum ruangan tersebut dapat disetel guna menyemprotkan wewangian wanginya masing-masing 5, 10, atau 30 menit sekali.


Pada awalnya, Anda barangkali sadar masing-masing kali wewangian lavender merebak ke seisi ruangan. Seiring berjalannya waktu, hidung kita jadi terbiasa mencium wewangian lavender itu sampai tidak mengenalinya lagi. Anda juga beraktivitas laksana biasa di dalam kamar, seakan-akan tidak sedang mencium wewangian apa pun.

Begitu pun ketika Anda menggunakan parfum, Anda tidak bisa mencium wewangian parfum yang kita pakai masing-masing hari. Namun ketika Anda mengubah parfum, reseptor bau di hidung akan mengantarkan sinyal ke benak untuk mengenali jenis bau yang baru. Lagi dan lagi, hidung kita lama-lama bakal terbiasa dan menciptakan Anda tidak dapat mencium bau badan atau wewangian parfum tersebut lagi. Begitu seterusnya.

Bagaimana teknik mencium bau badan sendiri?

Sebetulnya, Anda dapat mencium bau badan sendiri, lho! Eits, tunggu dulu. Ini bukan dengan teknik mengusung tangan dan mendekatkan hidung ke ketiak agar aromanya tercium, ya.

Anda memerlukan benda lain supaya bisa menghirup bau badan kita sendiri. Bukan dengan teknik mengusap permukaan ketiak dan menghirup jari Anda, namun dengan mencungkil baju dan mengendus bau baju tersebut.

Begitu juga andai Anda hendak mengecek bau mulut. Anda pasti saja tidak dapat mencium bau mulut dengan mengembus telapak tangan dan mengendus baunya. Caranya, jilat unsur punggung tangan atau lengan kita dan biarkan air liurnya mengering. Setelah itu, jajaki endus lokasi kulit yang kita jilat tadi.

Kenapa susah untuk mencium bau badan sendiri?