Usir Rayap Dengan Beberapa Cara Alami Ini


Tidak hanya nyamuk, rayap ialah musuh bebuyutan buat manusia. Rayap akan beresiko jika dia sukses masuk ke di rumah. Makhluk-makhluk kecil nan banyak itu akan menggerogoti perabotanmu serta bahan bangunan rumahmu, membuat jadi cepat rusak. Bila tidak dilakukan tindakan secara cepat, rayap bisa menjadi mimpi jelek untuk kamu.

Untuk mengusirnya, kita seringkali memakai obat anti rayap kimiawi. Ya, obat anti rayap kimiawi memang efisien. Tetapi, aksi ini semakin lebih ramah lingkungan jika kita mulai coba memakai anti rayap alami yang datang dari tanaman. Apa anti rayap alami itu? 

1. Rumput vetiver 

Tanaman anti rayap pertama ialah rumput vetiver. Rumput ini populer dengan baunya yang harum. Oleh karena itu, rumput vetiver sering jadikan bahan basic minyak wangi. Mempunyai perkembangan yang cepat, rumput vetiver juga dikenal menjadi tanaman yang dapat mereduksi erosi tanah. 

Kenapa rumput vetiver adalah tanaman anti rayap? Rumput ini memiliki kandungan zat nookatone yang dapat mengusir rayap, bahkan juga serangga yang lain seperti jangkrik, semut, kecoa, serta kutu. Rumputnya yang tinggi juga dapat menghambat rayap masuk. Tanaman anti rayap ini pas kamu tanam di seputar di pekarangan rumah. 

2. Buah Bintaro 

Buah bintaro atau cerbhera manghas adalah anti rayap alami yang dapat kamu dapatkan di tepi jalan. Walau beracun buat manusia, buah bintaro ini ampuh menjadi langkah memberantas rayap jauh-jauh dari rumah kamu. Ini berlangsung sebab anti rayap alami ini memiliki kandungan zat certerin yang beracun buat rayap. 

Tidak mesti ditanam, kamu dapat membuat semprotan anti rayap sendiri dari buah bintaro. Cukuplah sediakan 500 gr buah bintaro serta 500 ml air. Jus kedua-duanya sampai tercampur rata serta tuang pada sebuah wadah. Diamkan saat satu minggu. Lalu, saring kombinasi anti rayap itu untuk memisahkannya dari ampas buah bintaro. Semprotan anti rayap buah bintaro juga telah siap dipakai. 

3. Mint 

Mint populer menjadi bahan kombinasi bermacam jenis produk, dari mulai makanan sampai pasta gigi. Butuh kamu tahu, mint dapat juga jadi anti rayap alami. Tidak hanya rayap, mint pun dapat mengusir serangga type lainnya, lho. Tidak hanya berperan menjadi anti rayap, mint dapat juga mempercantik rumah kamu. Tanam mint dalam pot serta simpanlah di seputar pekarangan rumahmu. 

4. Cabai merah 

Tidak kalah ampuh, cabai merah pun adalah anti rayap alami yang dapat mengusir kehadiran rayap dari tempat tinggal kamu. Dampak panas serta perasaan pedasnya membuat rayap kepanasan serta tidak mau dekat-dekat . Cukuplah tanam cabai di pot serta simpan di balkon rumah atau tanam di pekarangan depan rumah kamu. 

Kamu dapat juga membuat semprotan anti rayap dari cabai merah. Rendam dua cangkir cabai merah yang pedas di air saat satu hari. Sesudah itu, kocok serta saring untuk memisahkan ampas cabai. Imbuhkan air serta dua sendok teh sabun bersihkan piring. Voila! Semprotan anti rayap dari cabai merah juga jadi. Untuk hasil yang optimal, kamu mesti rajin menyemprotkan pada kayu yang berayap dengan teratur. 

5. Bawang putih 

Bawang putih telah jadi bahan alami andalan yang dapat mencegah semua type serangga, termasuk juga rayap. Spesial untuk rayap, kamu dapat membuat semprotan anti rayap dari bawang putih. Leburkan bawang putih serta potong kecil-kecil. Campur dengan air serta diamkan saat kira-kira enam jam. Saring untuk memisahkan ampasnya serta imbuhkan sabun pencuci piring seperlunya. Semprotan anti rayap dari bawang putih juga telah jadi serta siap dipakai.

Usir Rayap Dengan Beberapa Cara Alami Ini