Beberapa Makanan yang Sangat Baik di Konsumsi Penderita Diabetes


Tidak semua makanan baik untuk pengidap diabetes. Kandungan gula darah yang gampang melompat membuat Anda butuh waspada serta jeli dalam pilih makanan yang dikonsumsi. Supaya keadaan kesehatan Anda masih konstan, yuk, mengonsumsi beberapa makanan sehat yang disarankan untuk pasien diabetes di bawah ini. 

Daftar makanan sehat untuk pasien diabetes 

Tersebut pilihan makanan yang sehat yang dapat dikonsumsi oleh orang dengan diabetes: 

1. Sayuran hijau gelap 

Bayam, sawi, brokoli, serta kangkung terhitung sayuran berdaun hijau gelap yang kaya mineral dan vitamin. Jejeran sayuran ini memiliki kandungan vitamin A, C, E, K, zat besi, kalsium, serta kalium yang dapat memenuhi keperluan mineral dan vitamin harian diabetesi. 

Kandungan kalori serta karbohidrat yang rendah tidak langsung membuat kandungan gula darah melompat naik. Serat yang dikandung dapat membuat Anda merasakan kenyang lebih lama. Karena itu, tidak ada kelirunya teratur makan sayuran hijau tiap hari bila Anda pasien diabetes. 

2. Ikan yang kaya asam lemak omega 3 

Omega 3 terhitung satu diantara zat gizi yang dapat menolong mengatur tekanan darah pada pasien diabetes supaya tidak begitu tinggi. Diluar itu, asam lemak omega 3 bisa menolong kurangi timbulnya komplikasi karena diabetes seperti penyakit jantung, peradangan, serta hipertensi. 

Satu diantara sumber omega 3 paling baik ialah ikan. Untuk memperoleh faedah penting dari zat gizi yang satu ini, coba mengonsumsi ikan salmon, sarden, serta tuna albacore. 

Upayakan untuk mengolahnya lewat cara memanggang atau mengukusnya supaya tidak ada karbohidrat serta kalori berlebihan yang malah membuat olahan ini jadi tidak sehat. 

American Diabetes Association Standards of Medical Care Diabetes menyarankan pengidap diabetes untuk makan ikan berlemak sekitar 2x satu minggu. 

3. Kacang kedelai 

Satu riset yang diprakarsai oleh Young-Cheul Kim di University of Massachusetts Amherst mengatakan jika kedelai adalah satu diantara makanan sehat untuk pasien diabetes. 

Kedelai memiliki kandungan isoflavon yang dapat turunkan diabetes serta efek penyakit jantung. Konsumsi makanan yang memiliki kandungan kedelai dapat dibuktikan dapat turunkan cholesterol, kandungan gula darah, serta tingkatkan sensitivitas insulin. 

Sensitivitas insulin ialah keadaan yang memvisualisasikan sebegitu peka beberapa sel badan dalam memberi respon insulin. Saat sensitivitasnya tinggi, sel badan dapat memakai gula darah lebih efisien hingga kurangi kadarnya di darah. 

Diluar itu, kedelai kaya protein serta serat komplet dengan indeks glikemik yang rendah. Makanan dengan nilai indeks glikemik rendah menolong jaga kandungan gula darah masih konstan. 

Tidak cuma sampai situ, serat serta protein menolong pengidap diabetes kenyang lebih lama. Anda juga tidak kalap waktu makan yang bisa jadi jadi parah penyakit. 

Karena itu, awalilah teratur makan kedelai. Makanan memiliki bahan basic kedelai dapat juga jadi cemilan sehat pengganjal perut di saat lapar menyerang. 

4. Susu serta yoghurt 

Bukan rahasia jika produk susu serta yoghurt kaya kalsium serta vitamin D. Tetapi, tahukah Anda jika kedua-duanya terhitung makanan yang baik untuk pasien diabetes? 

Satu riset yang diedarkan di The Journal of Nutrition mengatakan jika produk susu terhitung yoghurt mempunyai vitamin, mineral, serta protein berkualitas tinggi yang baik untuk pengidap diabetes. 

Diluar itu, produk susu serta yoghurt mempunyai indeks glikemik yang rendah. Berarti, gula darah tidak melompat secara cepat atau condong konstan bila konsumsi makanan ini. 

Greek yoghurt adalah makanan yang disarankan untuk pasien diabetes sebab memiliki kandungan probiotik, kalsium, serta protein yang sehat. Type yang satu ini lebih baik dari yoghurt biasa sebab kandungan proteinnya tambah tinggi serta karbohidratnya yang lebih rendah. 

Semua zat gizi yang ada di produk susu serta yoghurt menolong membuat lancar metabolisme serta turunkan efek resistensi insulin pada pasien diabetes. 

5. Sayuran non-pati 

Tidak banyak yang mengetahui jika sayuran ada yang memiliki kandungan pati serta ada yang tidak. Sayuran berpati adalah sayuran dengan kandungan karbohidrat yang tinggi dengan nilai indeks glikemik yang tinggi. 

Sesaat sayuran non-pati sebalinya, karbohidratnya condong rendah dengan indeks glikemik yang rendah. Saat indeks glikemik makanan rendah, Anda tidak butuh cemas makanan ini akan membuat kandungan gula darah jadi tinggi. 

Malah makanan dengan indeks glikemik yang rendah membuat gula darah masih konstan sebab penyerapannya condong lamban. Karena itu, type makanan ini benar-benar disarankan untuk pasien diabetes. Beberapa sayuran non-pati yang dapat Anda mengonsumsi yakni brokoli, sawi, serta wortel. 

6. Tomat 

Satu riset yang dikerjakan di tahun 2011 temukan bukti jika makan 200 gr tomat mentah (1,5 buah tomat sedang) tiap hari dapat kurangi tekanan darah pada pengidap diabetes type 2. 

Dari sini, periset mengaitkan makan tomat dapat menolong kurangi efek penyakit jantung atau kardiovaskular untuk orang dengan diabetes type 2. Masalahnya penyakit kardiovaskular terhitung satu diantara komplikasi penyakit yang rawan menyerang beberapa diabetesi.

Beberapa Makanan yang Sangat Baik di Konsumsi Penderita Diabetes