Beli Rumah dan Sewa Rumah, Mana yang Lebih Menguntungkan

Beli-Rumah-dan-Sewa-Rumah-Mana-yang-Lebih-Menguntungkan

Jika memilih bekerja di Jakarta, maka Anda tentu saja membutuhkan tempat tinggal untuk menunjang pekerjaan. Ada banyak sekali kos-kosan ataupun kontrakan yang ditawarkan bagi Anda. Mulai dari harga yang murah ataupun dengan harga yang relatif tergantung fasilitas yang ditawarkan. Padahal sebenarnya Anda bisa memanfaatkan uang sewa tersebut untuk beli rumah. 

Kelebihan Beli Rumah Dibandingkan dengan Sewa Rumah

Bila dibandingkan, sebenarnya biaya membeli rumah hampir sama saja dengan biaya menyewa kosan atupun menyewa sebuah rumah. Biaya cicilan per bulan jika dihitung-hitung ternyata memiliki nilai yang hampir sama bila dibandingkan dengan harga sewa sebuah rumah. Karena memiliki biaya yang relatif sama, sebaiknya Anda memutuskan untuk membeli rumah saja,. 

Jika masih merasa ragu dalam memutuskan untuk membeli sebuah rumah, mungkin Anda bisa mencoba menghitung simulasi kredit beli rumah. Apalagi sekarang banyak agen properti yang menjual rumah dengan harga yang murah dan dengan cicilan yang ringan juga yang bisa Anda cari di https://artikel.rumah123.com . Sehingga Anda tidak akan terbeban dalam membayar cicilan rumah. 

Apabila merasa terbeban dalam membayar dp sebuah rumah, mungkin Anda bisa menabung terlebih dahulu. Biasanya dp rumah bernilai sekitar kurang lebih 50 juta. Dengan uang sebesar itu, mungkin Anda bisa mengumpulkannya dalam jangka waktu satu tahun. Namun ada juga agen properti rumah yang menawarkan dp dengan harga yang lebih murah, sehingga Anda bisa membeli rumah tersebut. 

Walaupun rumah di Jakarta dikenal memiliki harga yang cukup tinggi, Anda tetap bisa membeli rumah tanpa merasa terbeban. Anda bisa mensiasati harga rumah yang mahal tersebut dengan mencari rumah di daerah yang terletak di pinggiran kota Jakarta. Ada banyak sekali agen jual beli rumah yang menawarkan rumah murah dengan kualitas bagus di daerah pinggiran Jakarta. 

Perumahan dengan Harga Murah di Daerah Sekitar Jakarta 

Biasanya rumah yang terletak di pinggiran Jakarta ataupun di daerah dekat Jakarta cenderung memiliki harga yang lebih murah. Berikut ini merupakan beberapa perumahan yang terletak di daerah dekat Jakarta yang bisa Anda jadikan sebagai referensi. 

1. The Forest Residences, Bojaong Sari, Depok 

Harga rumah yang dijual pada perumahan ini adalah sekitar 290 juta hingga 300 juta dengan dp awal sebesar 50 juta. Adapun tipe rumah yang ditawarkan adalah rumah dengan tipe 36/72. 

Adapun lama angsuran yang ditawarkan adalah berkisar kurang lebih 20 tahun. Dengan demikian besar biaya angsuran yang harus dibayarkan per bulan adalah sekitar 2 juta. Besar biaya tersebut bila dibandingkan dengan harga sewa rumah tentu tak jauh berbeda. 

2. Citra Maja Jaya, Tanggerang 

Adapun tipe rumah yang ditawrkan di perumahan ini adalah rumah dengan tipe 36/72. Harga yang ditawarkan berkisar sekitar 250 juta rupiah. Dengan dp sekitar 50 juta Anda sudah dapat membeli rumah dengan angsuran sekitar 2 jutaan selama 20 tahun. 

3. Griya Indah Serpong, Gunung Sindur, Bogor 

Perumahan selanjutnya yang menawarkan rumah dengan cicilan murah adalah Griya Indah Serpon, Tanggerang. Ukuran rumah yang dijual adalah sekitar 50 x 60 meter persegi. Cicilan yang harus dibayarkan adalah sebesar 1,5 juta saja per bulan dengan jangka waktu 20 tahun. 

Dengan perbandingan harga sewa rumah dan cicilan rumah yang hampir sama. Maka beli rumah lebih menguntungkan dibandingkan sewa rumah. Jadi siapkah Anda membeli rumah baru? 

Beli Rumah dan Sewa Rumah, Mana yang Lebih Menguntungkan