Tips dan Manfaat Mengikuti Kursus Gambar Untuk Anak

Tips-dan-Manfaat-Mengikuti-Kursus-Gambar-Untuk-Anak

Menggambar dan mewarnai bagi anak adalah suatu proses yang dapat meningkatkan kemampuan imajinasi, kreativitas, emosi, konsentrasi, ketekunan, ketelitian dan motorik halus. Bagi anak-anak yang memiliki bakat menggambar dan mewarnai, dapat menyalurkan bakatnya melalui tempat les gambar yang mampu memfasilitasi mereka untuk berlatih dan meningkatkan kemampuan mereka. Selain mengikuti les anak, bakat anak juga dapat diasah dirumah dan dalam kegiatan sehari-hari bersama orangtua. Berikut ini merupakan beberapa manfaat dari menggambar bagi anak. 

1. Meningkatkan Fokus/Konsentrasi 

Ketika anak menggambar atau mewarnai, mereka cenderung akan lebih fokus dan konsentrasi terhadap apa yang sedang mereka kerjakan dan berusaha untuk menyelesaikan tugas mereka. Dengan berlatih menggambar, anak akan terbiasa fokus saat sedang mengerjakan sesuatu. Anak juga akan memiliki pengamatan yang lebih detail. Dengan kebiasaan baik ini, anak akan mudah untuk menerima instruksi dari guru atau orangtuanya, dan meningkatkan konsentrasi mereka dalam belajar. 

2. Melatih Kesabaran 

Selain melatih konsentrasi, menggambar juga dapat melatih kesabaran bagi anak. Melatih kesabaran dalam menggambar dapat melalui proses menggambar itu sendiri, seperti gambar harus dibuat dahulu sebelum diwarnai, mewarnai harus di dalam garis dan tidak boleh keluar garis, perpaduan warna juga harus dipikirkan dengan tenang agar menghasilkan gambar yang bagus dan sesuai dengan benda aslinya. 

3. Melatih Kreativitas Anak 

Dalam menggambar atau mewarnai tidak ada benar atau salah, umumnya anak diberikan kebebasan untuk menggambar apa saja dan mewarnai sesuai warna yang mereka suka. Hal ini dapat melatih dan meningkatkan kreativitas anak. Mereka akan memiliki daya imajinasinya sendiri untuk menciptakan gambar yang mereka inginkan. Jika hal ini sering dilakukan, maka kreativitas mereka akan semakin terasah. 

4. Mengenal Perbedaan Warna 

Mewarnai bagi anak merupakan suatu proses pemahaman terhadap lingkungan sekitarnya. Seperti misalnya mewarnai daun dengan warna hijau, berarti memberikan pemahaman kepada anak, bahwa umumnya daun itu berwarna hijau, matahari berwarna kuning, laut berwarna biru, dan sebagainya. Sehingga proses mewarnai dapat meningkatkan kecerdasan anak dan membantu meningkatkan kreativitas melalui proses menggambar dan mewarnai. 

5. Sebagai Media untuk Berekespresi 

Gambar dapat menjadi salah satu media anak untuk mengungkapkan perasaannya. Dari gambar, kita dapat melihat perasaan anak apakah sedang senang, sedih, kecewa, dan sebagainya. Sebagai guru atau orangtua, harus belajar untuk memahami setiap karakter gambar anak, sehingga kita dapat lebih memahami ekspresi dan perasaan anak kita, khususnya bagi anak yang memiliki karakter tertutup. 

6. Meningkatkan Kemampuan Motorik 

Kemampuan motorik merupakan proses antara stimulus dan respons. Aktivitas menggambar dapat meningkatkan kinerja otot tangan yang mampu meningkatkan kemampuan motorik. Hal ini sangat penting bagi perkembangan anak usia dini, dan sangat membantu dalam perkembangan aktivitasnya kelak. 

7. Mengatasi Trauma 

Terapi seni atau menggambar merupakan salah satu metode untuk mengatasi trauma atau gangguan mental dan kecemasan pada anak. Banyak anak yang menyalurkan kecemasan, kegelisahan, dan rasa takut berlebihan dengan cara-cara yang membahayakan. Terapi seni juga disarankan oleh psikolog untuk memulihkan kondisi psikis bagi anak yang mengalami trauma. 

Melihat beberapa manfaat positif yang dihasilkan dari aktivitas menggambar maupun mewarnai, tentunya kegiatan ini sangat berguna dalam meningkatkan kecerdasan dan kesehatan mental maupun emosional pada anak. Selain untuk menyalurkan hobi dan minat anak, banyak manfaat positif yang dapat diambil dari aktivitas menggambar dan mewarnai. Hal ini dapat menjadi pilihan bagi guru atau orang tua dalam menerapkan metode pembelajaran bagi anak.

Tips dan Manfaat Mengikuti Kursus Gambar Untuk Anak