AC Mobil Tidak Dingin? Ikuti 6 Tips Merawat AC Mobil Supaya Tetap Dingin

AC-Mobil-Tidak-Dingin-Ikuti-6--Tips-Merawat-AC-Mobil-Supaya-Tetap-Dingin

Salah satu permasalahan yang sering terjadi kepada kendaraan khususnya mobil adalah AC yang cepat menjadi kurang bahkan tidak dingin. Banyak penyebab AC mobil tidak dingin, baik karena kerusakan pada sistem mesinnya ataupun karena perilaku penggunanya yang sering tidak menjaga kebersihan. 

Maka untuk menjaga AC mobil tidak cepat mengalami kerusakan, Anda harus menjaga kebersihan dan menghindari perilaku yang dapat menyumbat sistem AC misalnya merokok di dalam mobil. Asap rokok dapat mengganggu filter pada AC. Jika Anda masih bingung, cara apa saja yang dapat dilakukan untuk menjaga sistem AC tetap baik, Anda dapat menyimak beberapa penjelasan sebagai berikut

1. Jaga Kebersihan Kendaraan

Penyebab utama AC cepat mengalami kerusakan adalah adanya tumpukan kotoran dan debu pada sistemnya. Debu dan kotoran ini dihasilkan dari pengguna yang kurang menjaga kebersihan kendaraan. Maka urusan menjaga kebersihan ini menjadi penting sebagai salah satu upaya menghindarkan AC mobil dari kerusakan. 

Bagian penting yang harus Anda perhatikan adalah karpet pada bagian depan. Anda harus mengusahakan supaya karpet bagian depan mobil dalam kondisi yang bersih terutama ketika AC mobil dinyalakan. Selain itu, jangan lupa untuk membersihkan jok mobil secara rutin. Kotoran yang ada pada jok atau karpet dapat masuk ke kondensor dan menjadi jamur. Sehingga udara di dalam mobil menjadi bau. 

2. Hindari Kegiatan Larangan Saat Berkendara 

Hal yang dilarang pertama saat berkendara adalah merokok dalam mobil saat AC dalam kondisi ON. Asap akan masuk ke dalam sistem AC. Mengotori kondensor sehingga udara panas dari kompresor tidak dapat didinginkan sehingga udara menjadi panas. Hal yang tidak boleh dilakukan selanjutnya adalah menyalakan AC sebelum mesin dihidupkan, dan menyalakan AC walau mesin sudah dimatikan. 

Tips terbaik adalah menyalakan AC setelah mesin dinyalakan. Jika kondisi mesin sudah stabil, baru kemudian Anda dapat menyalakan mesin. Selain itu, Anda harus mematikan AC sebelum mematikan mesin. Jangan lupa pula untuk menutup jendela saat AC sedang menyala. Jangan membuka jendela lebar-lebar. 

3. Perawatan yang Rutin 

Sama seperti komponen lainnya, AC juga harus dirawat dengan baik. Maka Anda perlu untuk melakukan perawatan rutin dan perawatan tahunan. Perawatan rutin dilakukan dalam kurun waktu tertentu terutama jika dinilai bahwa AC sudah banyak terkontaminasi oleh debu dan kotoran. Anda dapat membersihkan karat, debu, kotoran, oli, yang berada pada sistem AC. 

Sedangkan untuk perawatan tahunan, Anda dapat melakukan service AC mobil ke bengkel yang handal. Anda dapat mengganti komponen yang sudah mengalami kerusakan. Jangan lupa pula untuk membersihkan Freon dan kondensor. Supaya AC tetap dingin. 

4. Penempatan Mobil 

Jika Anda ingin AC tidak cepat mengalami kerusakan, maka pilihlah tempat parkir yang nyaman dan rindang. Hindari tempat parkir yang panas. Jika mobil diletakan pada tempat yang panas dalam waktu lama, akan menyebabkan AC bekerja ekstra saat melakukan pendinginan terhadap udara dalam mobil. 

5. Tambahkan Filter Kabin 

Anda harus mengurangi debu yang dapat menghambat kinerja AC. Salah satu caranya adalah dengan memasang filter kabin pada mobil. Gunanya adalah untuk menyaring debu dan kotoran supaya tidak masuk ke dalam sistem AC mobil. Udara yang sedang berskiluasi di dalam mobil juga akan dijaga kebersihannya. 

6. Jaga kebersihan kondensor 

Kondensor sebagai alat yang melakukan kondensasi yaitu mendinginkan udara yang panas dari kompresor menjadi dingin untuk kemudian diedarkan ke seluruh bagian mobil, tentu harus sering dibersihkan. Jika banyak debu yang menghalangi, dapat menyebabkan proses kondensasi tidak berjalan sempurna. 

Demikian beberapa tips supaya untuk menghindari AC mobil tidak dingin. Jangan lupa untuk membawa kendaraan ke tempat service jika sudah terjadi beberapa gangguan salah satunya terhadap AC. Semoga bermanfaat.

AC Mobil Tidak Dingin? Ikuti 6 Tips Merawat AC Mobil Supaya Tetap Dingin