Inilah 4 Ciri-ciri Freon AC Mobil Habis

Inilah-4-Ciri-ciri-Freon-AC-Mobil-Habis

Sistem pendingin atau AC yang terpasang pada interior mobil menjadi salah satu fitur yang dapat menunjang kenyamanan saat mengendarai mobil. Dengan adanya AC mobil, tentunya pengendara tidak akan merasa kepanasan. Apalagi bagi Anda yang tinggal di kota besar dengan suasana yang panas, tentunya kehadiran AC mobil sangat membantu. Agar AC mobil Anda selalu bekerja dengan baik, maka lakukan perawatan minimal satu bulan sekali. Karena penyebab AC mobil tidak dingin lagi biasanya karena kurangnya perawatan. 

Ciri-Ciri Freon AC Mobil Habis 

AC mobil tentunya memerlukan perawatan agar tetap bekerja seperti biasanya. Dalam hal ini, Anda dapat melakukan pengecekan agar menghindari terjadinya kerusakan-kerusakan di dalamnya. Salah satu permasalahan yang sering dialami sistem pendingin AC ialah freon habis. Freon yang berada di dalam mobil memiliki fungsi sebagai cairan pendingin. Apabila freon habis, maka AC mobil Anda tidak dingin lagi. 

Banyak hal yang menyebabkan freon AC mobil menjadi lebih cepat habis, salah satunya karena Anda selalu membuka jendela mobil saat AC sedang dinyalakan. Kemudian kebocoran pada sambungan pipa AC serta pemakaian yang terlalu lama. Kondisi freon yang sudah habis ini dapat merusak sistem pendingin AC Anda. Untuk itu, Anda perlu mengetahui ciri-ciri freon mobil yang habis di bawah ini. 

1. Udara yang Keluar Tidak Segar dan Tidak Dingin Lagi 

Salah satu ciri-ciri AC freon mulai habis ialah udara yang Anda rasakan sudah tidak segar dan tidak dingin lagi. Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, bahwa freon merupakan cairan AC pendingin yang berfungsi memberikan kesegaran udara. 

Dalam hal ini, apabila freon mobil Anda mulai habis, tentunya udara tidak akan menjadi segar lagi dan hanya terasa sebagai angin biasa saja. Apabila permasalahan ini sudah terjadi, mau tidak mau freon AC mobil Anda harus segera diganti. 

2. Kompresor AC Tidak Berputar 


Pada saat menyalakan AC, biasanya kompresor akan berputar dan berjalan sebagaimana mestinya. Namun, jika kompresor mati dan tidak bergerak, maka bisa jadi ini sebagai tanda-tanda freon AC mobil Anda sudah habis. Dengan kerusakan ini, tentunya AC mobil tidak dingin lagi. Solusinya hanya satu yaitu Anda harus segera menggantinya dengan yang baru ke bengkel. Saat ke bengkel, Anda bisa sekalian melakukan service AC mobil. 

3. Kipas AC Tidak Berputar (Posisi AC on) 


Tanda-tanda lain yang dapat Anda lihat ketika freon AC mobil mulai habis ialah kondisi kipas yang tidak berputar meskipun AC menyala. Namun, kipas AC yang tidak berputar bukan berarti freon AC pada mobil mulai habis. Karena kerusakan kipas ini bisa jadi karena hal-hal yang lain. Dengan demikian, perlunya pengecekan terlebih dahulu untuk memastikan apakah kipas AC tersebut tidak berputar karena freon yang sudah habis atau hal lainnya. 

4. Periksa Sight Glass AC 

Ciri-ciri lainnya yang dapat Anda lihat ketika freon habis ialah dengan cara mengecek sight glass AC. Biasanya akan muncul gelembung-gelembung berwarna pink pada receiver saat mobil dinyalakan. Pada kondisi freon yang mulai habis, biasanya terdapat pengamanan pressure switch pada AC. Fitur ini akan bekerja sesuai dengan tekanan yang terjadi pada saat itu. 

Demikianlah empat ciri-ciri freon AC mobil Anda hampir habis. Agar permasalahan AC rusak seperti ini tidak terjadi lagi, tidak ada salahnya kalau Anda melakukan service AC mobil minimal sebulan sekali untuk perawatan. Untuk rekomendasi bengkel terpercaya dapat Anda lihat pada video service AC mobil berikut ini. 

Inilah 4 Ciri-ciri Freon AC Mobil Habis