Mengenal Jenis Traktor Berdasarkan Fungsinya dan Bentuknya

Mengenal-Jenis-Traktor-Berdasarkan-Fungsinya-dan-Bentuknya

Traktor merupakan salah satu teknologi yang didesain untuk membantu pekerjaan manusia. Biasanya digunakan di bidang pertanian dan perkebunan. Karena perbedaan fungsi inilah, traktor memiliki banyak jenis sesuai dengan kebutuhan. Ada banyak jenis traktor yang dijual di pasaran. Ada traktor dengan dimensi atau ukuran mini hingga berukuran besar. Ada pula yang ban traktor tunggal, ada juga hanya memiliki lebih dari empat roda. Apapun itu, setiap traktor memiliki fungsi dan tugasnya masing-masing. 

Kali ini akan dibahas jenis traktor berdasarkan dua kategori, yaitu berdasarkan fungsinya dan berdasarkan bentuknya. 

Jenis Traktor Berdasarkan Fungsinya 

Berikut jenis traktor berdasarkan fungsinya yang perlu Anda ketahui. 

1. General purpose tractor 

Yaitu jenis traktor yang digunakan untuk melakukan pekerjaan-pekerjaan bersifat umum. Dengan begitu, traktor ini bisa dipakai untuk berbagai pekerjaan. 

2. Special purpose tractor 

Yaitu jenis traktor yang digunakan untuk pekerjaan spesial atau khusus. Jadi, traktor tersebut hanya digunakan untuk satu jenis pekerjaan, misalnya traktor untuk pengolah tanah, traktor khusus pertanian, dan traktor untuk penyiram tanaman. 

3. Industrial tractor 

Yaitu jenis traktor yang digunakan untuk keperluan industri. Beberapa jenis traktor ini juga didesain agar bisa digunakan untuk kegiatan pembangunan. 

4. Plantation tractor 

Yaitu jenis traktor yang digunakan pada lahan yang ditanami dengan banyak tanaman. Selain cocok digunakan pada lahan yang banyak tanamannya, traktor jenis ini juga bisa digunakan pada lahan dengan sudut kemiringan tinggi. 

5. Garden tractor 

Yaitu jenis traktor yang digunakan untuk pekerjaan-pekerjaan yang lebih ringan. Hal ini dikarenakan traktor ini memiliki daya yang kecil. Pekerjaan yang biasanya dilakukan oleh traktor ini misalnya untuk memotong rumput dan juga untuk pertanian kecil. 

Jenis-Jenis Traktor Berdasarkan Bentuknya 

Berikut jenis traktor berdasarkan bentuknya yang perlu Anda ketahui. 

1. Traktor tangan 

Yaitu jenis traktor yang memiliki satu poros roda serta memiliki roda sejumlah dua buah. Jenis ini yang paling banyak digunakan di Indonesia. Biasanya digunakan untuk menggarap atau membajak tanah. 

2. Traktor beroda tunggal 

Yaitu jenis traktor yang hanya memiliki satu roda. 

3. Mini traktor 

Yaitu jenis traktor yang memiliki empat buah roda dengan dua buah poros. Dari segi konstruksinya, sebenarnya traktor ini tidak jauh berbeda dengan traktor berukuran besar. hanya dimensinya saja yang kecil sehingga panjang, lebar, hingga ukuran ban traktornya pun juga kecil. Begitu juga daya yang dihasilkannya. 

4. Traktor besar 

Yaitu jenis traktor yang memiliki dua poros untuk roda sedangkan untuk rodanya sendiri berjumlah empat buah. Ada juga beberapa jenis traktor besar lainnya yang memiliki roda lebih dari empat. 

Selain ukurannya yang besar, traktor ini juga dijual dengan harga yang relatif mahal. Karena alasan itulah, traktor jenis ini jarang dimiliki oleh perorangan. Ditambah lagi karena ukurannya yang besar sehingga tidak efektif untuk pengerjaan lahan persawahan di desa yang cenderung dibagi dalam petak-petak kecil. 

5. Traktor pembawa implemen 

Yaitu jenis traktor yang bisa ditambahkan alat-alat yang lebih berat. 

6. Traktor sistem fergusen 

Yaitu jenis traktor yang didesain dengan ukuran yang lebih ringan daripada jenis traktor lain. 

7. Traktor lereng 

Yaitu jenis traktor yang bisa digunakan di lahan yang miring. Meskipun berada di lahan miring, posisi kemudi dan mesin didesain agar tetap tegak selama dioperasikan. 

Nah, itulah jenis-jenis traktor berdasarkan fungsinya dan jenis traktor berdasarkan bentuknya. Memilih traktor memang tidak boleh sembarangan. Dari sekian banyak jenis traktor yang ada, Anda perlu mencari tahu jenis traktor yang Anda butuhkan agar sesuai.

Mengenal Jenis Traktor Berdasarkan Fungsinya dan Bentuknya