Warga Ciamis Dihebohkan dengan Munculnya Ikan Misterius di Sungai Cisadap

Warga-Ciamis-Dihebohkan-dengan-Munculnya-Ikan-Misterius-di-Sungai-Cisadap

Ikan misterius di Sungai Cisadap telah muncul dan menggemparkan warga Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, tepatnya di Dusun Kedung, Desa Sukadana. 

Dusun tersebut mendadak ramai oleh kunjungan para warga dari daerah lainnya yang sudah sangat penasaran ingin menyaksikan langsung kebenaran dari ikan misterius tersebut. Pasalnya ikan tersebut sudah menjadi perbincangan hangat di media sosial baru-baru ini. 

Ikan Misterius di Sungai Cisadap 

Dilansir dari portal berita harapanrakyat.com, Senin (4/11/2019), memang sudah banyak sekali warga yang mengerumuni kawasan pinggir Sungai Cisadap. Semua pengunjung yang datang mengaku jika sangat penasaran ingin mengetahui kebenaran dari berita yang selama ini ramai diperbincangkan oleh masyarakat maupun media sosial. 

Ternyata, memang benar jika di Sungai Cisadap terdapat ikan misterius yang selama ini belum pernah ditemui oleh warga selama hidup di pinggir sungai. Ikan misterius di Sungai Cisadap bahkan terlihat hilir mudik di sekeliling bibir sungai dengan sangat leluasa. Sesekali ikan tersebut akan menyembul keluar dan warga yang melihat akan memanfaatkan momen tersebut untuk mengabadikan gambar. 

Ciri-ciri dari ikan misterius di Sungai Cisadap adalah memiliki tubuh sepanjang 60-90 sentimeter. Jika dilihat dari penampakannya, sepertinya ikan tersebut memiliki bobot sekitar 8 kilogram atau bahkan bisa lebih. Warnanya berubah-ubah, terkadang kuning tapi tak jarang juga oranye. Warga juga sempat mengira jika ikan tersebut tidak hanya berjumlah satu. 

Warga dari Luar Daerah Berdatangan 

Menurut penuturan salah satu warga asli Dusun Kedung, Ade, memang banyak sekali warga dari daerah lainnya yang berdatangan untuk menyaksikan ikan misterius tersebut. Mereka mengaku sangat penasaran. 

“Saya terkejut melihat banyak sekali warga dari desa lainnya yang turut penasaran menyaksikan ikan misterius tersebut. Bahkan selain dari luar kecamatan, ada juga warga penasaran yang berasal dari luar kota, yakni Tasikmalaya. Mereka datang setiap pagi dan sore mulai dari ibu-ibu hingga anak kecil semua ada di sini,” tuturnya. 

Ade juga menambahkan jika kebanyakan dari pengunjung tidak hanya sekadar melihat saja, melainkan juga memfoto dan bahkan juga merekamnya. Bahkan Ade menganggap jika Sungai Cisadap mendadak berubah menjadi salah satu destinasi wisata gratis di Ciamis. 

“Padahal biasanya di daerah sini sangat sepi, bahkan warga desa setempat pun jarang sekali berada di sekitar sungai ini. Namun, kini tiba-tiba mendadak ramai karena adanya berita ikan misterius tersebut,” ungkapnya. 

Ikan Misterius Muncul Setiap Debit Sungai Nyusut 

Menurut penuturan Ade, sebenarnya bagi warga asli di sekitar sungai sudah sangat biasa melihat keberadaan ikan-ikan misterius tersebut, karena kemunculannya sudah cukup lama. Sebagian warga pun juga tidak menganggap jika ikan tersebut spesial atau berbeda dari lainnya. Namun, sebagian warga yang lainnya yakin jika ikan yang ukurannya besar tersebut adalah spesial dan harus dikeramatkan. 

“Biasanya, ikan-ikan tersebut akan muncul ke bibir pantai ketika tengah musim kemarau. Ketika musim kemarau debit air akan menurun drastis dan banyak ikan-ikan yang bermunculan di sekitar pantai. Selain itu, ketika sungai dangkal, air akan berubah menjadi jernih dan saat itulah ikan-ikan dapat terlihat dengan jelas,” ujarnya. 

Namun, setelah diperhatikan dan diamati kemunculannya, Ade juga merasa ada hal yang aneh dari ikan tersebut. Jika biasanya ketika musim hujan sungai akan meluap dan ikan-ikan yang ada di dalamnya akan hilang, berbeda dengan beberapa ikan misterius tersebut yang tetap ada meskipun sungai telah meluap ke permukaan. 

“Biasanya sudah menjadi hukumnya ya kalau sungai meluap lalu ikan-ikan yang ada di dalamnya ikut terbawa aliran sungai dan menuju hilir yang lain. Ikan-ikan itu pasti sudah jauh terbawa arus dan tidak mungkin dapat kembali lagi ke Sungai Cisadap. Namun, ikan-ikan misterius itu berbeda karena masih tetap bertahan meskipun sungai telah meluap beberapa kali,” jelasnya. 

Ikan Misterius Dilarang Ditangkap 


Sebelum ikan misterius di Sungai Cisadap menjadi bahan perbincangan ramai, para sesepuh sudah melarang orang-orang yang memancing di sungai tersebut. Larangan tersebut demi terjaganya kelestarian serta kebersihan dari area sungai. 

“Banyak yang mengatakan jika larangan tersebut juga berhubungan dengan mitos. Jika ingin tahu lebih jelas boleh bertanya langsung saja kepada para sesepuh yang ada di sini,” tuturnya. 

Keberadaan ikan misterius di Sungai Cisadap memang seakan-akan menjadi salah satu fenomena lain yang mengandung mitos menurut warga sekitar. Namun, mereka tetap mementingkan kelestarian sungai sehingga tetap membiarkan ikan-ikan tersebut bebas berada di sungai tersebut.

Warga Ciamis Dihebohkan dengan Munculnya Ikan Misterius di Sungai Cisadap