Dokter Spesialisasi Mata di Jakarta Pusat: Cara Mudah Menjaga Kesehatan Mata


Mata merupakan indra penglihatan manusia yang memiliki fungsi mengekspresikan emosi, mensyukuri keindahan, menilai penampilan, mengawasi hal berbahaya disekitar, mempelajari dan menjadi identitas dari diri seseorang. Kornea memiliki fungsi untuk memberikan kekuatan fokus dan menjadi paling luar dari bagian mata. Mata memiliki bagian lensa yang berada di belakang iris dan pupil, fungsinya sebagai pusat cahaya dan gambaran pada retina. Lensa memiliki tesktur yang elastis dan lentur sehingga akan membantu seseorang dapat melihat dari kejauhan. Saat ini banyak masalah kesehatan pada mata yang dapat dikonsultasikan dengan dokter spesialis mata di Jakarta Pusat

Masalah kesehatan pada mata sering terjadi karena kurangnya asupan air putih, buah dan sayur pada tubuh. Hal ini dikarenakan air mata membutuhkan cairan untuk tetap menjaga kelembapan dan membantu membersihkan mata dari berbagai kotoran dan nutrisi dari buah dan sayur akan mempertahankan kesehatan mata. Kesalahan yang dapat menimbulkan kesehatan mata saat memilih kacamata hitam atau menggunakan obat mata berlebihan. Kesalahan lainnya adalah terlalu sering mengucek mata terutama jika mengucek mata saat sedang tidak mencuci tangan akan membuat bakteri dan virus menempel pada mata dan masuk yang menyebabkan rasa gatal hingga iritasi pada area mata. 

Berikut adalah cara menjaga kesehatan mata: 
  • Merawat mata dan menghindari objek dari jarak yang terlalu dekat, jarak aman dari tv adalah 2 meter dan jika layar lebih lebar maka jaraknya akan lebih jauh. 
  • Mengurangi penggunaan gadget dari monitor LCD yang membuat mata menjadi mudah lelah jika dibandingkan menggunakan CRT sebaiknya melakukan setting refresh rate tinggi pada monitor. 
  • Hindari menggosok mata dengan cara yang kasar karena akan membuat mata menjadi luka. 
  • Cukupi asupan vitamin A dengan mengonsumsi alpukat, pepaya, tomat dan wortel sehingga mata tetap sehat. 
Selain itu, sebaiknya mencukupi tubuh dengan asupan antioksidan dari buah plum, berry, jeruk dan ceri sehingga akan meminimalkan kerusakan dari radikal bebas termasuk polusi dan sinar UV. Sebaiknya mengonsumsi omega 3 dari tuna, salmon dan halibut sehingga akan memberikan perlindungan terhadap lensa, saluran air mata dan mencegah terjadinya katarak. Begitu juga untuk mengontrol gula darah dan kolesterol sehingga akan membantu kesehatan mata. 

Berikut adalah beberapa gangguan pada mata diantaranya: 
  • Ablasio merupakan keadaan lepasnya retina sensoris sehingga membuat robekan maupun lubang pada retina dengan gejala penglihatan menjadi melayang, penurunan penglihatan dan terdapat tirai yang berbentuk parabola yang mulai menutup bola mata. 
  • Bufthalmus merupakan penyakit karena tekanan pada bola mata hal ini membuat mata menjadi takut pada cahaya, mengalami gangguan pada kelopak mata, kornea menjadi membengkak dan warna kornea menjadi keruh. 
  • Blefaritis merupakan radang pada kelopak mata karena adanya minyak berlebih, gejala yang ditimbulkan adalah rasa gatal, berair, lukas pada bagian kelopak mata dan membengkak serta mata menjadi merah. 
  • Dakriosistitis merupakan penyumbatan pada duktus nasolakrimalis, hal ini menyebabkan kantung air mata mengalami nyeri, bengkak dan merah sehingga akan mengeluarkan nanah dan menjadi demam. 
Endoftalmitis merupakan gangguan yang terjadi pada bagian lapisan mata sehingga membuat bola mata menjadi bernanah. Penyakit lainnya adalah glaukoma yang membuat pandangan menjadi kabur dan membuat pandangan ke samping dengan gejala bola mata membesar dan membuat aliran darah dalam saraf mata menjadi mati. Dokter spesialis mata di Jakarta Pusat menyarankan untuk mengonsumsi dark chocolate untuk meningkatkan penglihatan yang tajam dan memperkuat retina dan kornea. 

Dokter Spesialisasi Mata di Jakarta Pusat: Cara Mudah Menjaga Kesehatan Mata