Yuk Atasi Gusi Bengkak dengan 4 Cara Ini

Yuk-Atasi-Gusi-Bengkak-dengan-4-Cara-Ini
Foto dari Canva Photos Unlimited
Gusi adalah jaringan lunak yang terdapat di dalam mulut. Jaringan ini berserat dan dipenuhi dengan pembuluh darah. Tekanan yang terlalu keras dapat mengakibatkan gusi bengkak dan iritasi. Bila gusi Anda bengkak jaringan akan berwarna merah dan dapat menonjol. 

Bagaimana Cara Mengatasi Gusi Bengkak? 

Deteksi dan pengobatan gusi bengkak sedini mungkin dapat mencegah terjadinya komplikasi. Oleh karena itu, Anda harus mengetahui bagaimana caranya mengatasi gusi bengkak dengan tepat. Berikut beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi gigi bengkak. 

1. Mengompres dengan Air Es atau Air Hangat 

Melakukan kompres dengan air es dapat dilakukan ketika gusi bengkak dan tidak disertai dengan nyeri. Air hangat digunakan untuk mengompres gusi bengkak yang disertai dengan nyeri dan berdenyut. 

Kompreslah bagian luar wajah terdekat dengan gusi yang mengalami pembengkakan. Caranya ambil handuk tipis lalu selipkan es batu di tengahnya kemudian tempelkan pada bagian yang sakit. 

Untuk gusi bengkak yang disertai dengan nyeri, gunakan air hangat dengan cara merendam handuk ke dalam air hangat lalu peras dan tempelkan pada bagian wajah yang terdekat dengan gusi yang sakit. 

2. Minum Antibiotik dan Analgesik 

Antibiotik dan analgesik dapat mengatasi gusi bengkak. Kedua obat ini efektif menangani gusi yang bengkak sehingga gusi bengkak cepat kempes. Antihistamin dan antiinflamasi yang terkandung di dalamnya ampuh meredakan nyeri karena pembengkakan gusi. 

Antibiotik dan analgesik dapat Anda temukan di Apotek terdekat, namun biasanya ketika Anda membeli antibiotik dan analgesic Anda harus menyertakan resep. Harga obat ini cukup terjangkau baik obat jenis generic ataupun obat paten. 

3. Memakai Obat Kumur 

Obat kumur dapat membuat nafas menjadi segar, selain itu obat kumur juga dapat membantu merawat kesehatan gigi dan mulut. Gunakanlah obat kumur yang mengandung antiseptic untuk membantu melawan bakteri penyebab infeksi yang membuat gigi bengkak. 

Gunakanlah 2 kali sehari setelah Anda menggosok gigi selama kurang lebih 30 detik. Gunakan obat kumur sesuai aturan. Namun jangan ditelan, buanglah segera setelah Anda berkumur. 

4. Oleskan Madu Alami 

Madu mengandung zat yang dapat meredakan pembengkakan. Oleskan pada bagian gusi yang sakit dan lakukan beberapa kali sehari hingga pembengkakan mulai mengempes. Madu juga bisa Anda oleskan pada gigi yang sakit penyebab gusi bengkak. 

Itulah beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi gusi bengkak. Namun jika dalam beberapa hari gusi bengkak tidak mengalami perubahan segera konsultasikan pada dokter untuk mendapatkan tindakan yang tepat. Jagalah kebersihan mulut dan gigi Anda dengan rutin melakukan perawatan ke dokter gigi 6 bulan sekali. 

Yuk Atasi Gusi Bengkak dengan 4 Cara Ini