Tips Jitu Memilih Produk Popok Bayi Untuk Si Kecil


Jika menyangkut soal popok bayi Moms pasti memiliki beribu pertimbangan. Mulai dari bahannya, ketahanannya, daya serap, hingga harganya. Daripada itu, tips-tips berikut ini mungkin bisa dijadikan sebagai acuan dalam memilih diapers untuk si Kecil. Apa saja ya?
 

Tips Memilih Produk Popok Bayi

1. Pilih Lapisan Berpori

Secara umum, popok sekali pakai disusun dalam 3 lapisan, yakni lapisan dalam, lapisan inti, serta lapisan luar. Menurut Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI), Moms disarankan untuk memilih produk popok yang lapisan dalamnya berpori. Ini dilakukan untuk mengurangi gesekan kulit yang kerap menjadi penyebab iritasi pada bayi.
 
Selain itu, lapisan berpori juga akan membantu meningkatkan sirkulasi udara di sekitar area sensitif bayi. Sehingga kulit bayi tidak terasa lembab hingga memunculkan ruam popok.
 

2. Tambahan Formula Khusus

Bukan hanya lapisan berpori, IDAI menyarankan agar Moms memilih produk popok yang telah ditambah dengan formula khusus seperti aloe vera, petroleum, dan zinc oxide. Kesemua formula tambahan tadi baik untuk menjaga kulit bayi tetap kering. Sehingga mereka tetap merasa nyaman meski harus memakai popok pada waktu yang lama.
 

3. Menyerap dengan baik

Bila Moms ingin produk popok dengan daya serap kuat, Moms boleh memilih diapers sekali pakai yang lapisan intinya dibuat dari AGM. AGM/Absorbent Gelling Material merupakan superabsorbent yang terbuat dari sodium poliakrilat. Dimana material ini mampu memisahkan cairan urine dan fases dengan cepat, menjaga kestabilan pH, serta menahan cairan di matriksnya.
 

4. Popok yang Menunjukkan Perubahan Warna

IDAI kembali menyarankan Moms untuk mengganti popok setiap kali bayi selesai buang air besar atau berkemih. Dianjurkan pula untuk mengganti popok sesering mungkin setidaknya 2 sampai 3 jam sekali.
 
Agar lebih mudah dideteksi, Moms bisa memilih produk popok yang memiliki ‘alarm’. Dimana bagian luar popok akan menunjukkan perubahan warna saat popok terkena urine bayi.
 

5. Bahan Luar Bukan Waterproof

Tak sedikit merk popok besar yang mengunggulkan aplikasi teknologi waterproof pada bagian luar produknya. Padahal, hal itu malah bisa membuat sirkulasi dalam popok tersumbat hingga kulit menjadi lembab dan akhirnya mengalami ruam atau iritasi.
 
IDAI mengungkapkan bahwa popok dengan bagian luar berpori lebih baik dibanding dengan yang tahan air, karena dirasa lebih aman dan nyaman bagi kulit si kecil yang super sensitif.
 

6. Pilih Ukuran Popok Berdasarkan Berat, Bukan Usia

Jangan memilih popok dengan acuan usia. Mengingat pertumbuhan dan berat badan anak bisa berbeda-beda, bahkan untuk dua anak yang lahir di hari yang sama dan jam yang sama pula. Pastikan untuk memilihnya berdasarkan berat badan si Kecil. Moms tak perlu khawatir, saat ini ada banyak sekali produsen popok sekali pakai yang mencantumkan ukuran dalam kg.
 
Demikianlah beberapa tips dalam memilih popok bayi yang bisa diaplikasikan. Cukup mudah bukan?

Tips Jitu Memilih Produk Popok Bayi Untuk Si Kecil