Ingin Mengadakan Pernikahan di Pantai? Ikuti Tips Ini!



Pantai adalah salah satu wedding venue Surabaya yang dapat Anda dan pasangan pilih untuk menggelar pernikahan di luar ruangan (outdoor). Sama halnya seperti di Bali dan Lombok, Surabaya mempunyai sejumlah pantai indah yang bisa Anda manfaatkan untuk mewujudkan resepsi yang meriah atau intimate. Belum lagi pemandangannya yang dapat mempercantik sesi pemotretan.

Namun demikian, menyelenggarakan pernikahan outdoor kadang mengundang kendala lebih banyak dibandingkan indoor, sehingga dibutuhkan persiapan matang seperti:

  • Selenggarakan di musim kemarau
Menyelenggarakan pesta outdoor di taman atau hotel selama musim hujan mungkin masih bisa diantisipasi, tetapi lain ceritanya di pantai. Pasalnya musim hujan berpotensi menaikkan level air laut sampai angin kencang. Maka dari itu, kalau Anda dan pasangan mantap memilih pantai, pastikan resepsi dilaksanakan di musim kemarau yang kaya akan limpahan cahaya matahari.

  • Jarak antara pantai dengan penginapan
Mengadakan pesta pernikahan dekat penginapan seperti hotel atau resort memudahkan Anda maupun tamu saat berganti pakaian hingga buang air. Namun, kalau jaraknya ternyata lumayan jauh, sediakan fasilitas seperti toilet portabel dan tenda khusus. Jadi, Anda tak akan kelelahan jalan kaki dan menjaga riasan wajah tetap rapi.

  • Perhatikan cuaca dan waktu
Kendati pantai dilimpahi cahaya matahari sepanjang musim kemarau, cuaca yang panas dan cenderung lembap masih berpotensi membuat tamu kurang nyaman. Beberapa wedding organizer berpengalaman yang sering mengadakan pesta di pantai menyarankan calon pengantin untuk menggelar hajat mereka di sore atau malam hari.

  • Pakai busana pengantin santai
Busana pengantin mewah memang akan membuat Anda tampak elegan, tetapi akan cukup merepotkan kalau dipakai untuk pesta outdoor. Sebaiknya pilih busana santai seperti kemeja dan celana kain untuk pria dan gaun yang tak menyapu lantai bagi perempuan. Alas kaki juga harus diperhatikan karena permukaan jalan di sekitar pantai cenderung kurang mulus.

  • Kurangi plastik dalam dekorasi
Penggunaan plastik untuk tempat minum atau bunga tak dipungkiri menekan pengeluaran, tetapi riskan menjadi sampah yang membahayakan kalau sampai terseret ke laut. Anda bisa mengakali hal ini dengan memainkan permainan warna dari kain dan furnitur. Lantas buket bunga untuk pengantin perempuan bisa diganti dengan flower crown yang bentuknya lebih kecil.

  • Sajikan hidangan yang sesuai
Untuk menekan sampah di pantai, sajikan hidangan yang bisa disantap sampai habis. Sediakan minuman menyegarkan untuk mencegah tamu mengalami dehidrasi. Dalam hal ini, diskusikan bersama vendor katering atau penginapan kalau Anda memakai jasa dari mereka. Pengelola yang ahli biasanya sudah tahu jenis hidangan yang tepat untuk pesta di pantai.

Demikian sejumlah persiapan untuk menggelar pesta pernikahan di pantai. Semoga membantu Anda dan pasangan untuk menyesuaikannya dengan bujet, ya!

Ingin Mengadakan Pernikahan di Pantai? Ikuti Tips Ini!