Pensiun Muda Bukan Angan-angan Semata, Ini Tip untuk Mewujudkannya!


Mendapatkan jaminan berupa asuransi untuk karyawan dari perusahaan terbukti memberi banyak manfaat. Mulai dari jaminan terhadap berbagai risiko, meningkatkan produktivitas kerja, hingga menunjang operasional perusahaan. Selain itu, asuransi jiwa juga memantapkan Anda untuk membuat sejumlah rencana finansial, salah satunya pensiun muda.

Mewujudkan pensiun muda bukan hal mustahil, tetapi Anda harus menyiapkannya sematang mungkin. Beberapa langkah yang dapat diterapkan mencakup:

  • Hitung biaya tahunan di masa depan
Perhitungan yang Anda aplikasikan untuk pensiun muda memang agak berbeda. Dalam mengalokasikan penghasilan, misalnya, Anda harus menghitung dulu biaya tahunan yang dibutuhkan di masa depan. Di samping itu, Anda juga harus memerhatikan gaji bulanan, target waktu pensiun, hingga inflasi tahunan. Bahkan, Anda pun harus melakukan penghematan ketat demi mencapai tujuan tersebut.

  • Hindari utang atau pinjaman
Anda yang punya utang atau pinjaman sebaiknya segera melunasi tagihan kalau mau pensiun muda. Utang yang dimaksud dapat berupa KPR rumah, cicilan mobil, atau pinjaman cepat untuk memenuhi kebutuhan tertentu. Mengumpulkan uang saat masih punya tunggakan utang tentunya akan meresahkan pikiran, terlebih Anda memutuskan untuk pensiun muda. Untuk itu, hindarilah utang dan sebaiknya miliki tabungan darurat.

  • Membuka rekening dana pensiun
Jangan terlalu mengandalkan uang dari asuransi jiwa untuk pensiun muda. Sebaiknya Anda siapkan rekening khusus untuk menyimpan dana tersebut. Tujuannya adalah memisahkan uang untuk kebutuhan sehari-hari dan memudahkan Anda memeriksa mutasi setelah menerima gaji bulanan. Anda juga bisa memilih tabungan khusus dana pensiun yang ditawarkan sejumlah bank untuk melancarkan prosesnya.

  • Menjalankan bisnis sampingan
Apakah gaji bulanan yang Anda terima belum cukup untuk memenuhi target? Cari bisnis sampingan yang dapat dikelola tanpa mengabaikan pekerjaan utama. Sekarang, bukan hal sulit untuk membuka usaha, sebab ada banyak peluang yang tak memerlukan modal besar. Selain itu, Anda juga berkesempatan untuk mengembangkan bisnis tersebut jika membutuhkan kegiatan setelah memasuki masa pensiun untuk mengusir rasa bosan.

  • Jangan ragu untuk berinvestasi
Langkah selanjutnya yang bisa membantu Anda mewujudkan pensiun muda adalah investasi. Bukan rahasia lagi kalau investasi dapat menghasilkan profit menggiurkan saat dikelola dengan baik. Beberapa produk investasi yang bisa Anda manfaatkan mencakup saham, logam mulia, obligasi, reksa dana, deposito, hingga peer-to-peer landing. Walau praktiknya semakin praktis, investasi harus dipantau secara berkala mengingat risikonya yang cukup tinggi.

Satu faktor lagi yang bisa berpengaruh besar terhadap kesuksesan pensiun muda: kesiapan mental untuk menjalaninya. Mental yang goyah akan menyulitkan Anda dalam menjaga konsistensi dan mengambil keputusan-keputusan penting. Kalau masih ragu, sebaiknya urungkan niat dulu, lalu evaluasi kembali rencana pensiun muda Anda dan mulailah di waktu yang tepat.

Pensiun Muda Bukan Angan-angan Semata, Ini Tip untuk Mewujudkannya!